SIMPIC 2018

No comments

Delegasi berangkat dari Malang menuju Bangkok pada tanggal 15 Maret 2018. Perjalanan membutuhkan waktu 5 jam dari Surabaya ke Bangkok dengan transit di Changi Airport Singapura. Delegasi kemudian tiba di Royal River Hotel pada malam hari dan beristirahat. Esoknya, tanggal 16 Maret, delegasi melengkapi keperluan registrasi masing-masing tim. Setelah melakukan registrasi delegasi melakukan persiapan untuk perlombaan First Round pada tanggal 17 Maret 2018. First Round terdiri babak MCQ, yaitu 60 soal pilihan ganda yang dikerjakan dalam waktu 90 menit dengan sistem paper-based test dan soal ditampilkan pada layar komputer, dan 3 soal Case Based Examination berbentuk kasus yang dijawab bersama tim masing-masing untuk dalam bentuk short written answer. Setelah menyelesaikan First Round delegasi dijamu dengan makan siang dan dilanjutkan dengan acara Hospital Visit, dimana delegasi mengunjungi laboratorium anatomi, museum kedokteran, dan laboratorium skill dari Siriraj Hospital. Beberapa aktivitas yang dilakukan dalam Hospital Visit adalah mengikuti kuis anatomi menggunakan preparat, mencoba simulasi resusitasi jantung paru, dan mengamati sediaan parasit di dalam museum parasitologi. Hari itu ditutup dengan Opening Ceremony dengan Gala Dinner di atas kapal pesiar, kemudian delegasi kembali ke hotel untuk beristirahat.

Hari ketiga (18 Maret 2018) adalah hari Sightseeing. Delegasi mengunjungi tempat wisata yang sudah dipilih saat mendaftarkan tim. Tim pertama pergi mengunjungi Grand Palace dan Tha Maharaj Pier, sementara tim kedua mengunjungi Bangkok Art and Culture Centre dan Ma Bun Krong Shopping Mall. Pada sore harinya semua delegasi dikumpulkan kembali ke Siriraj Hospital dan mengikuti permainan yang telah disiapkan oleh panitia SIMPIC. Malamnya, delegasi mengunjungi Thai Village untuk menikmati makan malam tradisional Thailand dan mengikuti berbagai permainan. Delegasi lalu kembali ke hotel untuk melihat papan pengumuman tim yang masuk ke Second Round dan mengikuti Revival Round. Kedua tim delegasi dari FKUB mengikuti Revival Round, sehingga delegasi melakukan persiapan kembali sebelum beristirahat.




           Pada hari terakhir SIMPIC yaitu 19 Maret 2018, delegasi FKUB mengerjakan soal Revival Round yang terdiri dari 40 soal dalam 30 menit, dengan mekanisme yang sama seperti pilihan ganda First Round. Setelah itu semua delegassi (baik yang mengikuti Revival Round maupun tidak) menikmati makan siang dan menyaksikan Second Round hingga Final Round di auditorium. Sebelum Second Round dimulai nama-nama tim yang lolos Revival Round dan mengikuti Second Round ditampilkan di layar, dan tim pertama FKUB tercantum pada pengumuman tersebut. Tim pertama mengikuti Second Round sementara tim kedua menyaksikan perlombaaan. Tim pertama lolos ke Extra Session untuk memperebutkan kursi menuju semifinal round, namun kemudian gugur di Extra Session dan berlanjut menyaksikan Semifinal dan Final Round.
Setelah pemenang ditentukan dilakukan upacara pemberian hadiah bagi tim pemenang dan peserta dengan nilai First Round tertinggi. Acara SIMPIC ditutup dengan Farewell Party yang meriah. Pada tanggal 20 Maret 2018, delegasi FKUB berangkat menuju Suvarnabhumi International Airport dan melakukan perjalanan pulang kembali ke Malang.

No comments :

Post a Comment